-->

Olaudah Equiano yang dikenal dengan Gustavus Vassa

Olaudah Equiano

Gustavus Vassa
Olaudah Equiano

Equiano adalah seorang penulis Afrika yang pengalaman hidupnya sebagai budak mendorongnya untuk menjadi terlibat dalam gerakan penghapusan Inggris.
Olaudah Equiano yang juga dikenal dengan julukan Gustavus Vassa. Ia adalah aktivis yang melawan perbudakan di Britania Raya pada abad ke-18.
Dalam otobiografinya, Olaudah Equiano menulis bahwa ia lahir di Provinsi Eboe, di daerah yang sekarang Selatan Nigeria. Dia menjelaskan bagaimana dia diculik dengan adiknya di sekitar usia 11, dijual oleh pedagang budak lokal dan dikirim melintasi Atlantik ke Barbados dan kemudian Virginia.

Tanpa adanya catatan tertulis tidaklah tertentu Equiano's Deskripsi tentang kehidupan awal Apakah akurat. Keraguan juga berasal dari fakta bahwa, di kemudian hari, ia dua kali tercantum kelahiran di Amerika.

Selain ketidakpastian tentang tahun-tahun awal, semuanya Equiano menjelaskan dalam otobiografinya yang luar biasa dapat diverifikasi. Di Virginia ia dijual kepada seorang perwira angkatan laut, Letnan Michael Pascal, yang diganti dia 'Gustavus Vassa' setelah raja Swedia abad ke-16. Equiano bepergian lautan dengan Pascal selama delapan tahun, selama waktu Ia dibaptiskan dan belajar membaca dan menulis.

Pascal kemudian dijual Equiano untuk kapten kapal di London, yang membawanya ke Montserrat, dimana ia dijual kepada pedagang terkemuka Robert King. Saat bekerja sebagai deckhand, valet dan Pemangkas rambut untuk raja, Equiano mendapatkan uang dengan perdagangan di sisi. Hanya tiga tahun, ia membuat cukup uang untuk membeli kebebasan sendiri. Equiano kemudian banyak menghabiskan 20 tahun mendatang berkeliling dunia, termasuk perjalanan ke Turki dan Arktik.

Tahun 1786 di London, ia menjadi terlibat dalam gerakan untuk meniadakannya perbudakan. Ia adalah anggota terkemuka dari 'anak-anak Afrika', sekelompok 12 laki-laki hitam yang berkampanye untuk penghapusan.

Pada tahun 1789, ia menerbitkan otobiografinya, 'Menarik narasi hidup Olaudah Equiano atau Gustavus Vassa, Afrika'. Ia melakukan perjalanan secara luas mempromosikan buku, yang menjadi sangat populer, membantu abolisionis yang menyebabkan, dan membuat Equiano orang kaya. Ini adalah salah satu buku paling awal yang diterbitkan oleh penulis Afrika hitam.

Pada tahun 1792, Equiano menikah dengan wanita Inggris, Susanna Cullen, dan mereka mempunyai dua anak perempuan. Equiano meninggal pada 31 Maret 1797.

Contact

Name

Email *

Message *