-->

Membuat Web gratis Dengan Google My Business

Membuat Situs Web Gratis Di Google My Business

Daftar Artikel:

  1. Pendahuluan
  2. Tentang Google My Business
  3. Cara Mendaftarkan Bisnis ke Google My Business
  4. Cara melakukan verifikasi bisnis di Google My Business
  5. Cara membuat situs web gratis di google business site
  6. Cara custom domain google business site
  7. Cara Melakukan Verifikasi Kepemilikan Domain/Situs
  8. Penutup

Cara Membuat web situs free via Google Bisnisku

Untuk memiliki akun Google My Business, anda harus secara khusus dahulu mendaftarkan bisnis yang anda kelola. Dan untuk itu silahkan jalan masuk/login akun google mail yang telah anda miliki. Seandainya anda belum memiliki akun gmail, silahkan membikin akun google mail untuk seluruh fitur google.

Berdasarkan peninjauan di tahun 2017, kurang dari 60% dari usaha kecil belum memiliki laman legal untuk bisnis yang mereka kelola. Via sumber yang sama, juga menyatakan anggapan bahwa 30% dari pemilik usaha merasa bahwa bisnis yang mereka kelola terlalu kecil untuk mempunyai sebuah situs. Jadi mereka menganggap kemauan memiliki laman yakni persoalan yang terpisah untuk bisnis. Alhasil, Google mengambil langkah dan keputusan untuk menambahkan fitur supaya dapat memberikan layanan bagi mereka, adalah untuk membantu usaha kecil mengatasi masalah ini.

Pendaftaran Tidak Google Bisnisku

Saya yakin anda pernah mendengar tentang Google Bisnisku atau Google Business Site? Jika Anda belum tahu, Google Bisnisku adalah alat baru dari Google yang dirancang dan disediakan khusus untuk membantu mendapatkan informasi perusahaan atau "bio(data)" di Google secara gratis. Informasi ini akan muncul jika ada orang yang mencari perusahaan dengan atau melalui kata kunci yang mereka gunakan dalam pencarian Google dan kata kunci pencarian Google Maps. Saat ini, Google Bisnis juga menawarkan dan menyediakan fitur layanan untuk membuat dan mengelola website dengan mudah untuk startup(pengusaha pemula).

Ini adalah fitur website gratis yang akan membantu Anda memiliki situs web tanpa harus membayar, yang dapat dikelola melalui Google Bisnis dasbor. Melalui format menciptakan situs web, Anda dapat dengan mudah membuat website bisnis dengan informasi yang Anda tambahkan tentang bisnis Anda.

Meskipun ada banyak pilihan untuk tata letak halaman, tapi ini adalah salah satu cara termudah untuk bisnis pemula atau ingin mencoba membuat website untuk bisnis Anda. Selain tidak perlu membayar, website Anda secara otomatis juga lebih mudah dalam daftar kepemilikan bisnis(daftar) di Google sehingga Anda dapat mengetahui apakah ada perubahan atau pembaruan informasi tentang Google Bisnisku, meskipun masih ada pilihan yang lebih baik untuk membuat website.

Membikin Web Free Via Google My Business

Mengingat laman gratis yaitu komponen dari Google Bisnisku, maka anda semestinya meregistrasikan bisnis yang anda kelola ke Google Bisnisku terlebih dulu untuk membikin web website cuma-cuma Anda. Dimana untuk memiliki akses ke Google Bisnisku anda juga harus mempunyai akun google(Satu akun untuk segala fitur). Untuk itu seandainya anda bellum mempunyai akun Google silahkan Membikin akun Google Mail Untuk Semua Fitur Google terutama dahulu.

Membuat Situs Free Via Google Bisnisku

Langkah-langkah untuk membuat situs tidak dipungut bayaran dari Google Bisnisku dengan metode simpel

Untuk memiliki akun google bisnisku, anda harus terlebih dahulu mendaftarkan bisnis yang anda kelola. Dan untuk itu silahkan akses/login akun google mail yang sudah anda miliki. Jika anda belum memiliki akun gmail, silahkan membuat akun google mail untuk semua fitur google.

1. Setelah anda login akun google, klik menu di kanan-atas(titik-titik seperti dadu).

2. Klik/pilih "Google My Business", jika anda tidak menemukanya silahkan klik "Lainya dari Google".

3. Pada halaman berikutnya(biasanya terbuka di tab baru) silahkan cari dan pilih "Google My Business", lalu klik "Start Now".

4. Halaman Google My Business akan terbuka di tab baru lagi dan anda akan diminta untuk login kembali, silahkan klik Sign In untuk login.

5. Ketik nama bisnis/usaha anda pada bidang "Type your business name". Lalu klik pada nama yang anda kehendaki.

6. Di halaman selanjutnya klik "Next".

7. Tentukan kategori bisnis/usaha anda. Lanjutkan dengan klik "Next".

8. Do you want to add a location customers can visit, like a store or office? This location will show up on Google Maps and Search when customers are looking for your business. Silahkan pilih "Yes", klik "Next".

Metode memiliki domain dan hosting sendiri, kau bisa mengganti nama domain tersebut di Google Bisnisku. Ikuti cara berikut:

Metode custom domain google business site

  • Di halaman dashboard, pada bilah menu sebelah kiri silahkan klik/pilih "Kelola Lokasi". Lalu pilih bisnis yang berkeinginan anda custom domain.
  • Lihat lagi menu di bilah kiri dan klik "Website" atau "Laman".
  • Kalau bagian preview/cuplikan web anda. Disitu terdapat empat menu dengan icon "Tema, Edit(tombol, judul, dan deskripsi website), Photo, dan Lainya", pilih/klik "Lainya".
  • Jikalau anda sudah memiliki domain yang anda beli dari penyedia domain lainya, silahkan klik/pilih "Update Nama Website". Lalu silahkan ketik nama domain anda pada bidang yang ada.
  • Apabila anda belum memiliki domain, silahkan klik/pilih "Beli domain kustom".
  • Ubah nama domain ".business.site" menjadi nama domainmu dan lakukan Verifikasi Custom Domain Google Sites

Sampai batas ini bisnis anda masih berstatus "Pending verification". Sampai anda melakukan verifikasi menggunakan PIN yang dikirim Google My Business kepada anda. Selanjutnya anda dapat me3lakukan pembuatan Situs Web Gratis.

Cara Membuat Situs Web Gratis Melalui Google Bisnisku

Langkah-langkah untuk membuat website gratis dari Google Bisnisku dengan cara sederhana

  1. Pada dashboard Google My Business, klik menu "situs" atau "Website" pada bagian menu bilah kiri, lalu klik "Get Started".
  2. Secara otomatis Google My Business Site telah memberikan sarat URL untuk Situs Web Gratis anda. Akan tetapi anda boleh menentukan dengan klik icon pensil pada bagian atas namun tetap dengan extensi ".business.site". Karena ini adalah situs web gratis yang diberikan Google My Business secara Cuma-cuma.
  3. Lakukan pengaturan dan penyesuaian terhadap situs web anda. Jika anda sudah yakin dengan pengaturan anda, silahkan klik "Publish".
  4. Untuk melihat situs anda klik "View Site" atau "Lihat Situs".
Sesudah memiliki domain dan hosting sendiri, kamu bisa mengganti nama domain tersebut di Google Bisnisku. Ikuti metode berikut:

Cara custom domain google business site

  • Di halaman dashboard, pada bilah menu sebelah kiri silahkan klik/pilih "Kelola Lokasi". Lalu pilih bisnis yang ingin anda custom domain.
  • Lihat lagi menu di bilah kiri dan klik "Situs" atau "Website".
  • Perhatikan bagian preview/cuplikan situs anda. Disitu terdapat empat menu dengan icon "Tema, Edit(tombol, judul, dan deskripsi situs), Photo, dan Lainya", pilih/klik "Lainya".
  • Jika anda telah memiliki domain yang anda beli dari penyedia domain lainya, silahkan klik/pilih "Update Nama Situs". Lalu silahkan ketik nama domain anda pada bidang yang ada.
  • Jika anda belum memiliki domain, silahkan klik/pilih "Beli domain kustom".
  • Ubah nama domain ".business.site" menjadi nama domainmu dan lakukan Verifikasi Custom Domain Google Sites

Cara Melakukan Verifikasi Kepemilikan Domain/Situs

  • Pada dashboard google business, silahkan klik menu "Situs", lalu silakan pilih/klik "Kelola". Sesudah itu, masukkan/ketik nama domain kamu sendiri di halaman URL Kustom. Berikutnya lakukan verifikasi dengan klik "Verifikasi kepemilikan Anda".
  • Sesudah klik "Verifikasi kepemilikan Anda", Anda akan diarahkan ke halaman Google Webmaster Central untuk mengerjakan verifikasi kepemilikan domain/situs. Untuk mengerjakan verifikasi, pertama kali Anda akan dipinta untuk memilih penyedia domain Anda. Silakan pilih "Other" atau "Berikutnya". Kemudian, salin TXT record yang telah tersedia lalu tempel ke konfigurasi DNS. Untuk bisa mengerjakannya, silakan login member area pada provider hosting/domain Anda.
  • Di dashboard member, silahkan cari menu "Domain". Kemudian, silakan pilih domain yang mau diverifikasi. Klik pada domain tersebut. Anda akan diarahkan ke halaman pengelola domain yang berisi informasi komplit tentang domain milik Anda. Untuk melalukan verifikasi, silakan klik "Kelola DNS".
  • Silahkan rename(rubah) "name server", setelah itu lanjutkan dengan menambahkan TXT record dengan cara sebagai berikut; Silakan isi kolom "Nama Host" dengan "@". Ini berfungsi supaya DNS Anda tersetting sebagai domain utama. Kemudian, untuk macam record, silakan pilih "SPF (txt). Barulah selanjutnya tambahkan kode TXT record pada kolom yang tersedia. Anda bisa mengosongkan kolom prioritas.
  • Setelah Name Server dan TXT Record anda tambahkan, silakan klik "Simpan". Tunggulah beberapa saat sampai masa propagasi selesai. Biasanya masa propagasi ini akan memakan waktu beberapa jam. Umumya satu jam hingga tiga jam untuk masa propagasi. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga akan memerlukan waktu sampai 24jam x 3(tiga hari). Sesudah masa propagasi selesai, silakan kembali ke Google Webmaster Central. Silakan klik tombol "Verifikasi" yang ada di bagian bawah halaman.
  • Menambahkan A Record juga merupakan salah satu metode untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain. Untuk melakukanya silahkan cari catatan A, pilih "Edit" di sebelah kanan catatan "A". Dengan membukan tab baru, buka "Configure A records" Google lalu buka bagian "Configure A records(generic steps)", lalu buka bagian "A record values". Di sana, Anda akan memperhatikan sebagian catatan A. Ubah entri catatan host domain anda untuk mencocokkan tampilan catatan. (Semisal, saya memodifikasi data A domain saya untuk diberi nasihat ke empat domisili IP yang berbeda.) Sesudah opsional, Anda juga bisa menambahkan catatan AAAA record.
  • Sekarang silahkan kembali pada halaman/dashboard Google Sites dan lakukan pengontrolan untuk terakhir supaya situs Anda bisa lantas online. Sesudah domain terverifikasi, silakan pilih "Siapa pun bisa menemukan dan memperhatikan versi yang dipublikasikan (Anyone can find and view the published version)". Ini membuat situs Anda tampak oleh publik. Pilih "Simpan" lalu "Selesai." Biarkan kotak Rumusan Pencarian tidak dicentang untuk memungkinkan mesin telusur mengindeks konten situs Anda. Pilih "Publikasikan" untuk membagikan situs Anda secara online. (Periksa profesi Anda. Cek situs web anda melalui browser supaya anda bisa memastikan bahwa situs anda bersifat publik.)

Penutup

Perubahan domain dan DNS mungkin memerlukan waktu sampai dua hari untuk diselesaikan. Dalam banyak kasus, Anda bisa memperhatikan dampak perubahan dalam satu sampai empat jam. Bukankah untuk mengerjakan setting domain di Google Site sangat mudah?

Contact

Name

Email *

Message *