-->

Beberapa Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa dan Guru

Layanan tidak dipungut bayaran yang ditawarkan berupa fitur untuk guru/sekolah membikin kelas online, program belajar mandiri, hingga live-teaching layaknya sekolah harian

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah di tengah wabah virus corona. Untuk mendukung aktivitas belajar dari rumah, beberapa startup pendidikan dan perusahaan teknologi berkomitmen untuk memberikan bantuan cuma-cuma. “Mendikbud telah mengkoordinasi ini sehingga hari ini kita mendapatkan bantuan cuma-cuma untuk belajar online, dari Ruangguru, Zenius, Google, Microsoft, Quiver, Sekolahmu, dan Kelas Trampil,” Jokowi dalam Konferensi Pers di Istana Negara, Jakarta Senin (17/3).

Belajar di Google Classroom Membikin Belajar Tidak Membosankan

Dia berkeinginan guru bisa menasehati para siswa untuk memakai layanan gratis hal yang demikian, sehingga kesibukan belajar dari rumah bisa berjalan tepat sasaran dan mobilitas para murid dapat diredam.

Enam Langkah Memberikan Tugas Siswa dan siswi Belajar Di Rumah Tanpa Bosan

Menurut penyelidikan katadata.co.id, terdapat berbagai layanan tidak dipungut bayaran yang disediakan startup pendidikan dan perusahaan teknologi, dari mulai sekelompok fitur untuk guru/sekolah membikin “kelas online”, program belajar mandiri, sampai program live-teaching layaknya sekolah harian.

Berikut merupakan Sebagian Aplikasi Pembelajaran Online Yang Boleh Dimanfaatkan Free Tanpa Biaya

1. Ruangguru

Ruangguru membuka program sekolah online cuma-cuma tiap-tiap hari dimulai semenjak Senin, 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB tiap-tiap Senin hingga Jumat. Sekolah online dapat diakses melalui aplikasi Ruangguru.

Sekolah online tersedia untuk seluruh jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan didampingi oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh segala pengguna aplikasi bagus yang telah abonemen maupun belum.

\"Segala mata pembelajaran dari kelas 1 SD hingga 12 SMP yang mencakup IPA IPS, akan dibahas secara langsung secara paralel setiap hatinya layaknya belajar di sekolah degan interaksi,\" kata Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belvara dalam penjelasan melewati video.

Program ini dapat diakses oleh murid yang sekolahnya sedang diliburkan ataupun tidak. Sesi sekolah online yang sudah selesai dapat diputar ulang.

Kecuali sekolah online, para murid bisa mengerjakan soal di fitur bank soal dan try out secara gratis. Aplikasi Ruangguru bisa diunduh di Play Store ataupun App Store. Adapun Ruangguru berprofesi sama dengan Telkomsel memberikan kuota dunia maya free 30 Gigabyte (GB) bagi penggunanya untuk mengakses materi belajar selama sebulan.

2. Zenius

Zenius menyediakan layanan belajar mandiri cuma-cuma dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Pengguna Zenius bisa mengakses puluhan ribu video materi belajar komplit untuk SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Aplikasi Zenius dapat diunduh di Play Store ataupun App Store.

\"Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dalam bentuk whiteboard yang membutuhkan kuota dunia online paling hemat,\" kata CEo Zenius Education Rohan Monga dalam siaran persnya.

3. Google:

Google Suite for Education Google Suite for Education menyediakan fitur-fitur untuk membantu siswa dan guru menjalankan kegiatan belajar-mendidik di mana pun dan kapan pun, baik secara online maupun offline. Salah satu fitur yang dimaksud umpamanya Classroom.

Guru bisa membuat “kelas” yang diikuti oleh siswa-siswanya. Dalam “kelas” tersebut, guru dapat menjalankan percakapan tertulis, memberikan tugas, memberikan penilaian, malah streaming video.

“Google Suite for Education tidak dipungut bayaran dan akan konsisten free untuk sekolah,” demikian tertulis dalam situsnya.

4. Microsoft:

Office 365 for Education Office 365 Education meliputi fitur Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, plus alat ruang kelas lainnya. Dengan layanan ini, guru dan murid bisa menghasilkan ruang kelas yang terus terkoneksi secara online.

Layanan ini bisa diperoleh secara gratis hanya dengan memasukkan domisili surel sekolah yang resmi dalam web Microsoft Indonesia yang membahas perihal produk Office 365 Education.

5. Quipper School

Quipper School yakni platform sekolah komputerisasi tanpa biaya. Melewati platform ini, guru bisa mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Meski siswa bisa mengerjakan profesi rumah, tugas, dan ujian juga secara online dengan mudah.

Quicker School mengaplikasikan teknologi manajemen kelas komputerisasi (Learning Management System/LMS). “Pemanfaatan edtech dengan LMS dapat menjadi solusi untuk memaksimalkan kegiatan belajar-mengajar bagi para guru dan siswa sebagai antisipasi yang dikeluarkan oleh pemerintah berhubungan penyebaran Covid-19,” ujar Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari dalam siaran persnya.

6. Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan bermacam-macam materi didik yang bisa diakses melalui aplikasi maupun web resminya. Materi pelajaran yang disediakan sudah dibentuk dengan melibatkan sejumlah instansi pengajaran, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Ketika ini, Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara cuma-cuma seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah di tengah wabah corona. Dalam laman Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming lewat Youtube, didampingi guru dari bermacam-macam sekolah.

7. Kelas Trampil

Kelas Piawai memberikan jalan masuk tidak dipungut bayaran selama sebulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia. Kelas terampil menyediakan berjenis-jenis materi ajar untuk para siswa. Terdapat juga fitur-fitur lainnya, seperti fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online.

Kemudian, fitur Tanya yang dapat dipakai siswa untuk bertanya terhadap guru secara online mengenai materi ajar atau soal. \"Kami menambahkan jam operasional fitur Tanya menjadi dua sesi pada pukul 09.00-12.00 dan 18.00-21.00 untuk mengoptimalkan progres pembelajaran konsisten berlanjut, kapan dan dari manapun,\" kata Founder Kelas Pandai Fernando Uffie melalui keterangan persnya.

Contact

Name

Email *

Message *